Kamis, 04 Juni 2015

Tips Merawat Sistem Pendingin Mesin Mobil Yang Benar


OTONUSA.COM - Tips Merawat Sistem Pendingin Mesin, Mesin pendingin adlah salah satu hal yang wajib kita jaga atau rawat di sistem atau komponen mobil kita, dengan merawat sistem pendingin mesin maka mobil kita akan jauh lebih awet atau tidak mudah rusak, rasio perbandingan kompresi mesin yang kian hai makin tinggi di mesin-mesin mobil modern saat ini menuntun kinerja sistem mesin mobil yang lebih optimal untuk kendaraan anda, maka tak heran untuk saat ini desin bodi yang mendukung mesin agar tidak cepat mngalami overheat, untuk itu lah anda perlu merawat sistem pendingin mesin mobil anda sehingga mobil anda tidak mudah mengalami overheat, kali ini OTONUSA akan memberikan tips merawat sistem pendingin mesin mobil anda.

1. Jaga volume air radiator kendaraan anda

tabung reservoir kini menjadi salahs atu acuan pengendara untuk mengetahui jumlah air radiator mereka, maka dari itu perhatikan jumlah air nya berada di antara batas low an high, jangan membuka tutup radiatormobil anda untuk menghindari hal yang tidak anda ingin kan.

2. Gunakan air radiator yang tepat untuk kendaraan anda

Radiator coolant wajib anda gunakan agar sistem pendinginan mobil anda dapat bekerja optimal. Titik didih yang lebih tinggi menjadi salah satu keunggulan radiator coolant ketimbang anda mengisi radiator anda dengan air keran. Plus kandungan pelumas yang berada di radiator coolant yang dapat menjaga kinerja waterpump. 

3. Jaga kebersihan Kondesor AC

Menjaga kebersihan kondesor Ac juga sangat bagus untuk merawat sistem pendingin mesin mobil anda sehingga mobil anda akan tahan lama, posisi kondesor ac yang di depan menyebabkan kondesor lebih rentan terkena debu, jadi anda harus lebih sering merawat kebersihan kondesor ac.

4. Perhatikan Kinerja Kipas Elektrik

Bila Anda perhatikan, mesin modern yang ada saat ini selalu menggunakan single electric fan. Berbeda dengan mobil yang berada di era 90-an yang masih memisahkan kipas untuk mesin dan AC. Meski hanya ada satu kipas, kecepatan putaran kipasnya dibuat double alias ada dua tingkat kecepatan.

Pastikan kedua tingkat kecepatan putaran kipas bekerja secara optimal. Pasalnya, jika putaran kipas mobil anda mulai melemah, otomatis proses pelepasan panas mesin mobil anda akan terganggu. Terutama saat berada di kemacetan lalu lintas. Perbaiki atau ganti bila menemukan kondisi kipas seperti ini.

BACA JUGA ARTIKEL KAMI

Tips Berkendara di Bulan Puasa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar