Kamis, 02 Oktober 2014

Spesifikasi, Harga, Serta Keunggulan Honda HR-V


Honda HR-V atau disebut juga Honda Vezel di negara Jepang tersebut, kini akan mulai diproduksi di Indonesia mulai bulan Januari 2015 yang bertempat di pabrik Honda Karawang, Jawa Barat.

Honda HR-V  yang berada dikelas crossover ini, telah lama dipersiapkan PT Honda Prospect Motor untuk berkompetisi dengan pesaingnya yaitu Nissan Juke & Suzuki SX-4. Selain itu ada pula kelas compact SUV dihuni oleh Toyota Rush, Ford EcoSport, serta Daihatsu Terios, yang segmennya beririsan dengan kelas crossover.

Berkompetisi di segmen tak ramah, tentu membutuhkan kesiapan tak cuma teknis, namun juga non teknis. Pada kali ini, kami akan membahas beberapa Spesifikasi serta kelebihan Honda HR-V dibidang eksterior, interior, desain serta rekayasanya.

Berikut Spesifikasi, Serta Keunggulan Honda HR-V :

1. Eksterior
Desain eksterior Honda HR-V dikembangkan sejak konsep yang disebut-sebut sebagai“Dynamic Cross Solid.” Pada konsep tersebut, karakter garis tajam serta kurva berpadu pada body mobil dibagian bawah body yang serupa dengan SUV memberikan stabilitas, sementara pada tubuh HR-V bagian atas menyerupai coupe yang memberikan aerodinamika terbaik.


Desain yang stylish ini dbuat agar memberikan rasa bangga bagi pengemudinya. Ekspresi elegan nan tajam tercermin dari lampu utama yang memakai LED pada setiap sisinya. Pada pembuka pintu belakangnya terintegrasi dengan bingkai pintu yang memberikan citra coupe.

2. Interior
Memberikan kenyamanan MPV serta 'personal feel' sebuah coupe. Itulah tujuan utama dari rekayasa interior Honda HR-V. Dikembangkan dari konsep 'expandible cockpit', desain interior Honda HR-V mengedepankan 'personal feel' serta kenyamanan dan optimalisasi ruang sebuah mobil MPV. Memaksimalkan kenyamanan pada kabin, maka Honda mengaplikasi material kabin bermutu terbaik, bagaikan platik yang lembut (padded), serta material kain jok yang mampu melepas panas sehingga meningkatkan rasa nyaman saat berkendara.



Lampu LED diadopsi buat lampu peta & lampu kabin. Hal ini dilakukan selaku bagian sejak upaya Honda meningkatkan rasa berkendara yang lebih nyaman.  Pada Panel instrumen berpadu sempurna dengan dashboard yang mengedepankan rasa kabin yang lebih luas. Sementara itu, kehadiran konsol tengah dengan desain tinggi menciptakan ruang personal antara penumpang depan & belakang. Terdapat pula tempat minuman yang fleksibel di konsol tengah.


3. Mudah dikendalikan
Crossover wajib mudah bermanuver & dikendalikan. Itulah dua kelebihan  yang wajib dimiliki oleh sebuah crossover. Pada jaman dahulu, sebuah SUV (moyang sejak crossover), nggak begitu mudah dikendalikan. Sistem kemudi yang nggak canggih, ditopang radius putar \"raksasa\" menjadikan sesi berkendara dengan sebuah SUV menjadi nggak menyenangkan.

Seiring pejalanan waktu, penyempurnaan sistem kemudi hingga suspensi memasuki ranah SUV & berlanjut kepada crossover. Honda HR-V mempunyai jeda putar minimum 5,3 m. jeda tersebut diklaim Honda akan memudahkan pengguna HR-V buat melakukan manuver di jalan yang kecil, padat (perkotaan), atau ketika hendak memarkir kendaraan.

Bagaimana kalau dibandingkan dengan Nissan Juke & Mitsubishi Outlander. sejak data yang kami miliki, Nissan Juke mempunyai radius putar 5,5 meter. Sementara Mitsubishi Outlander mempunyai radius putar yang sama dengan Honda HR-V (5,3 meter).


4. Ruang pandang bagaikan sedan
Sebagai kombinasi antara sebuah minivan & sebuah SUV, Honda HR-V mempunyai banyak kelebihan. Apalagi kalau posisi mengemudi dibuat layaknya sebuah sedan. Hal tersebut melengkapi desain Honda HR-V yang menyerupai sebuah coupe.

Dari perspektif aerodinamika & performa pengendaraan, HR-V dibuat pipih (seperti coupe) supaya mampu memangkas kendala angin dengan lebih baik. Titik pandangan dibuat bagaikan sedan, yaitu setinggi 100 mm supaya pengemudi mampu melempar pandangan vertikal & horizontal seluas mungkin.

5. Fleksibilitas tinggi
Honda HR-V dibagun di atas platform all new Honda Jazz. Platform serba guna ini mempunyai banyak kelebihan. Salah satunya yaitu mempersiapkan ruang yang luas bagi penumpang. Selain itu, ruang yang luas juga bisa digunakan memaksimalkan ruang kargo. Namun, hal itu nggak cukup. Honda melengkapinya dengan rekayasa pelipatan bangku terbaik.

DI sisi lain, Honda HR-V dek datar rendah & luas guna menciptakan ruang kargo yang user friendly. Kapasitas ruang kargonya menyentuh 404 L atau mampu menampung tiga tas golf berukuran regular. Jok baris kedua dapat dilipat 6:4 sehingga mampu meningkatkan luas ruang kargo. Guna memudahkan masuk & keluar barang, bukaan pintu belakang dibuat seluas 1.180 mm. Tinggi bibir bagasi cuma 650 mm (paling rendah di kelasnya).

Harga Honda HR-V

Setelah kita mengulas tentang spesifikasi serta keunggulan pada Honda HR-V, kurang lengkap rasanya bila tidak membahas masalah harga yang di bandrolnya. Untuk masalah harga Honda HR-V terdapat berbagai jenis, karena Honda HR-V tersedia dalam dua pilihan mesin, yaitu Honda HR-V bermesin 1,8 liter dan 1,5 liter. Untuk 1,8 liter, mobil mampu memproduksi tenaga 120 PS pada 6.600 rpm dan torsi 145 Nm pada 4.600 rpm. Sementara pada varian 1,5 liter, mobil mampu menyemburkan tenaga 139 PS pada 6.500 rpm dan torsi 169 Nm pada 4.300 rpm.

Sedangkan untuk Honda HR-V sendiri yang di jual di Indonesia terdiri dari berbagai tipe, yaitu 1,5 L A M/T, 1,5 L S M/T dan CVT, 1,5 L E CVT, dan 1,8 Prestige. Untuk harga Honda HR-V dilepas mulai dari harga Rp240 juta hingga Rp350 juta.

Demikianlah Spesifikasi, Harga, Serta Keunggulan Honda HR-V yang dapat kami informasikan kepada anda. Semoga informasi tersebut bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar